Membentuk Manajemen Tim Olahraga Sekolah

Meskipun tim olahraga sekolah adalah tim dengan level yang kecil tidak ada salahnya jika kita harus membentuk sebuah manajemen tim yang terorganisir dengan baik. Biasanya yang terjadi sakarang ini adalah manajemen tim olahraga hanya diurusi oleh pelatih dan manajer, bahkan kadang merangkan Guru Pendamping. Saya tidak berani mengatakan bahwa manajemen tim seperti  ini efktif atau tidak, tapi kita juga harus melihat kondisi yang terjadi. Manajemen tim sekolah tidak hanya mengurusi atlet ataupun seragam tim  tetapi juga mengurusi hal-hal nonteknis yang mendukung prestasi atlet. Membentuk sebuah manajemen tim olahraga sekolah sebenarnya tidak sulit, itu tergantung niat, semangat, kemauan, hati yang tulus dari orang-orang yang terpanggil untuk ikut membantu tim olahraga sekolahnya.  Struktur manajemen tim tidak perlu terlalu banyak orang, cukup beberapa orang asal memiliki job description yang jelas. Hal ini akan memudahkan birokrasi dan juga efesiensi manajemen tim. Nah berikut in saya berikan struktur manajemen tim untuk tim sekolah :

 Guru Pendamping :

guru pendamping adalah orang yang bertugas untuk mengawasi segala kegiatan dari tim olahraga sekolah tersebut. Guru pendamping juga bertugas untuk menghubungkan antara manajemen tim dengan pihak yang bertanggung jawab mengurusi extrakurikuler di sekolah.

Manajer Tim :

Manajer Tim adalah orang yang berwenang untuk mengelola tim olahraga sekolah. Mulai dari menunjuk pelatih, mencari sponsor  dan lain sebagainya.

Pelatih :

Pelatih adalah orang yang ditunjuk oleh manajer tim untuk melatih tim olahraga, di tim-tim dengan struktur manajemen yang tertata baik, tugas pelatih hanya untuk melatih, mengatur jadwal altihan, membuat program latihan, memotivasi dan memberikan instruksi-instruksi khusus kepada atlet. Pelatih tidak perlu mengurusi bagaimana seragam tim, mengurusi keuangan tim dll.

Bendahara  :

Bendahara Tim adalah orang yang bertugas untuk mengatur keuangan tim. Untuk menjaga akuntibiltas Laporan keuangan tim seharusnya bisa dilaporkan kepada manajer tim setiap bulannya.

Utility / Bagian Umum

Utility adalah orang yang bertugas untuk mengatur segala macam perlengkapan tim, mulai dari seragam tim, p3k, bola dan perlengkapan tim lainnya.

Nah untuk manajemen tim level sekolah biasanya Manajer Tim merangkap Guru Pendamping, hal ini justru lebih memudahkan untuk menghubungkan tim dengan pihak yang berwenang di sekolah.

Pembiayaan Tim

Untuk mengelola sebuah tim olahraga level sekolah tetao membutuhkan biaya, nah biaya ini relative atau tergantung berapa besar yang dibutuhkan oleh manajemen tim, artinya setiap tim memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk dapat membiayai tim olahraga tidak mungkin kita harus membebankan 100 % pembiayaan dari sekolah meskipun sekolah telah memiliki bantuan Dana BOS yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan extrakurikuler. Tetapi manajemen tim harus bisa lebih kreatif untuk dapat mendapat biaya tambahan. Biaya akan lebih besar dibutuhkan pada saat menjelang kompetisi.  Nah salah satu tips untuk mendapatkan pembiayaan selain mencari sponsor adalah dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah. Kita bisa mulai dengan menjual merchandise tim atau merchandise sekolah. Misalnya dengan membuat buat kaos supporter, stiker, pin, gantungan kunci dan merchandise lainnya.


One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s